Cara Cek Tagihan Listrik Online Lewat HP dalam Hitungan Menit

Bagaimana cara cek tagihan listrik online lewat hp atau PC? Di era modern seperti sekarang, PLN memahami bahwa setiap orang adalah unik dan kita semua hidup dengan gaya hidup yang berbeda. Beberapa orang lebih senang beraktivitas di luar ruangan, namun sebagian yang lain cenderung menghabiskan lebih banyak waktu di rumah bahkan sangat jarang keluar rumah.

Karena itu, PLN tak lagi mewajibkan pelanggan untuk datang ke kantor guna membayar tagihan. Mengecek dan membayar tagihan listrik kini menjadi hal yang mudah dan cepat melalui sarana online. Pembayaran online menghilangkan segala jenis kerepotan sehingga lebih menghemat waktu berharga kamu. Namun sebelum mengetahui cara-caranya, simak dulu yuk jenis-jenis layanan listrik saat ini.

Layanan Listrik Pascabayar

Pembayaran pasca atau tradisional adalah skema pembayaran layanan listrik yang paling umum digunakan di Indonesia. Meteran listrik di rumah kamu akan mencatat jumlah listrik yang digunakan, dan ketika meteran dibaca, informasi ini diteruskan ke PLN, yang nantinya kamu akan ditagih atas apa yang telah kamu gunakan dalam interval yang dijadwalkan (biasanya per bulan).

Jika kamu belum bisa membayar pada tanggal yang sudah ditentukan, biasanya PLN masih memberi kamu kelonggaran dalam beberapa hari. Jika kamu masih tak bisa membayar setelah jatuh tempo, kamu akan dikenakan sejumlah denda. Namun, jika tunggakan kamu sudah melebihi jangka waktu 2 bulan, PLN akan melakukan pemutusan listrik sementara sampai kamu bisa membayar semua tagihan.

Keuntungan terbesar dari jenis listrik pascabayar adalah stabilitasnya. Pascabayar paling cocok untuk orang dengan penghasilan tetap atau orang yang terbiasa dengan jadwal reguler. Dengan pascabayar kamu juga tidak perlu khawatir akan listrik yang tiba-tiba padam karena lupa melakukan top-up.

Layanan Listrik Prabayar

Dalam beberapa tahun terakhir, PLN telah menghadirkan layanan listrik prabayar dalam upaya memerangi non-pembayaran, dan menghemat biaya tenaga kerja. Layanan prabayar di Indonesia sudah tersedia secara luas, bahkan untuk daerah terpencil. Jenis layanan listrik ini juga biasa disebut dengan listrik pintar, karena pelanggan bisa mengendalikan jumlah listrik yang ingin digunakan.

Tak seperti listrik pascabayar, alat meteran pada listrik prabayar sudah menggunakan digital yang bisa kamu gunakan untuk input kode voucher listrik sendiri. Kamu dapat memeriksa panel pembacaan digital untuk melihat berapa banyak listrik yang tersisa. Meteran juga akan mulai berbunyi “bip” untuk mengingatkan kamu setelah jumlah minimum tersisa.

Dengan jenis layanan ini, kamu memiliki saldo “kredit” yang sudah kamu bayar, dan saldo ini berkurang saat kamu menggunakan listrik. Tidak ada tenggat waktu atau tagihan bulanan. Di bawah sistem ini, kamu dapat mengontrol berapa banyak yang ingin kamu gunakan, dan kapan pun kamu mau.

Namun beban ada pada kamu untuk menjaga keseimbangan, jika kamu tak ingin mengisi banyak pulsa listrik, gunakan listrik dengan hemat. Sistemnya hampir sama seperti kamu membeli pulsa operator. Pulsa 100 ribu tentu bisa lebih lama kamu gunakan daripada pulsa 50 ribu. Namun pulsa 50 ribu akan lebih menghemat pengeluaran kamu.

Untuk menggunakan listrik prabayar, kamu dapat melakukan isi ulang pulsa listrik menggunakan akun perbankan online kamu, di mesin ATM, di berbagai minimarket / supermarket, dan bahkan di situs belanja online seperti Tokopedia. Namun, kamu tidak dapat membeli token selama tengah malam hingga jam 1 pagi, karena ini adalah saat PLN melakukan pemeliharaan pada sistem mereka.

Keuntungan terbesar dari rencana listrik prabayar adalah fleksibilitasnya. Program semacam ini bermanfaat bagi orang-orang yang jarang berada di rumah atau memiliki pendapatan tidak teratur, atau ingin lebih banyak fleksibilitas untuk beralih ke rencana lain nanti. Jadi, jika tak ingin terikat pada kontrak apa pun, prabayar akan menjadi jenis listrik yang ideal untuk kamu.

Setelah mengetahui kedua perbedaan dari jenis layanan listrik saat ini, berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk cek tagihan listrik online lewat hp, laptop, tablet atau perangkat lain, di mana saja dan kapan saja.

Cara Cek Tagihan PLN Lewat SMS

Cara pertama dan paling mudah adalah cek tagihan listrik via SMS. Bisa dibilang bahwa cara ini adalah yang paling ideal jika kamu tak selalu memiliki kuota data di smartphone kamu, atau saat kamu sering bepergian ke suatu tempat terpencil yang susah menemukan jaringan internet.

Namun, cara ini juga memiliki kelemahan. Karena dilakukan via pesan singkat, ada kemungkinan ID pelanggan kamu tidak mudah dibaca, bisa juga terjadi error, atau server PLN akan membalas pesan kamu dalam waktu lebih lama dibanding kamu melakukan pengecekan secara online.

Layanan ini dikenakan biaya Rp. 500 per SMS, dan bisa digunakan bagi kamu yang menggunakan operator Indosat, Telkomsel, XL, dan T-Flexi. Untuk format SMS cek tagihan adalah REG (spasi) ID pelanggan kamu dan kirim ke 8123.

Cek Tagihan PLN Lewat SMS

Cara Cek Tagihan PLN Lewat SMS

Jika kamu ingin mendapat pemberitahuan otomatis setiap bulan tentang jumlah tagihan listrik kamu, kamu bisa mengirim SMS dengan format PLN (spasi) ON (spasi) ID Pelanggan kamu dan kirim ke 8123. Jika nantinya kamu ingin berhenti berlangganan, kamu bisa mengirim pesan singkat dengan format PLN (spasi) OFF (spasi) ID Pelanggan kamu dan kirim ke 8123.

Gambar 2 : Cek Tagihan PLN Lewat SMS

Cara Cek Tagihan Listrik Online Lewat HP (Aplikasi PLN)

Perusahaan Listrik Negara Indonesia terus berinovasi dan berkembang menjadi lebih baik dan selalu update dengan teknologi. Hal ini terbukti dengan adanya aplikasi PLN gratis sebagai bagian dari pelayanannya.

PLN telah meluncurkan PLN Mobile yang memiliki beragam fitur bermanfaat untuk para pelanggan, seperti cek tagihan listrik, cek status pengaduan dan permohonan, melihat riwayat token, perubahan daya, permohonan pasang baru, penyambungan sementara, informasi pemeliharaan listrik, serta informasi tarif listrik terkini dan berita terupdate mengenai PLN.

Tak hanya itu, dengan mengunduh PLN Mobile, contact customer service PLN 123 juga lebih mudah tanpa harus menggunakan operator seluler atau telepon rumah. Hanya dengan satu aplikasi, kamu kini dapat melakukan segalanya tanpa perlu lagi datang dan mengantri di kantor PLN. Untuk cek tagihan listrik online lewat hp, kamu bisa mengikuti lima langkah mudah berikut:

  • Unduh aplikasi PLN Mobile dari Google Play atau Apps Store
  • Buka aplikasi dan lakukan registrasi dengan cara tab “Daftar”. Isi semua informasi yang diminta dan tab “Simpan” jika sudah selesai.
  • Setelah masuk ke akun kamu, tab menu “Informasi” di bagian atas dan pilih submenu “Informasi Tagihan dan Token Listrik”.

    Cek Tagihan Listrik Online Lewat HP Menu Informasi

    Informasi Tagihan

  • Masukkan nomor IDPEL (nomer pelanggan) kamu dan tap “Cek Tagihan”

    Cek Tagihan Listrik Online Lewat HP IDPEL

    Cek Tagihan Listrik Online Lewat HP IDPEL

  • Jumlah tagihan listrik dan status pembayaran akan ditampilkan otomatis di layar ponsel kamu.

    Cek Tagihan Listrik Online Lewat HP Info Tagihan

    Cek Tagihan Listrik Online Lewat HP Info Tagihan

  • Kamu bisa melakukan pembayaran dengan memasuki menu “Pembayaran” yang terdapat pada bagian atas aplikasi.

    Cek Tagihan Listrik Online Lewat HP

    menu pembayaran

Cek Tagihan PLN Lewat PC

Selain cek tagihan listrik online lewat hp, cara mudah lainnya adalah menggunakan komputer atau laptop. PLN menyediakan beberapa website yang bisa kamu gunakan, tiga di antaranya adalah:

  • Via Website Resmi PLN

    Untuk cek tagihan lewat website resmi PLN, buka www.pln.co.id dari browser kamu. Di halaman beranda bagian kiri, klik “Menu” > “Pelanggan” > “Layanan Online” > “Informasi Tagihan dan Token Listrik”. Selanjutnya kamu akan diminta login dengan cara memasukkan email dan password. Setelah login, masukkan nomor ID pelanggan dan jumlah tagihan yang harus kamu bayar akan ditampilkan.

  • Via cekbill.com

    Silahkan buka browser kamu dan buka cekbill.com. Di bagian kiri beranda, pilihlah menu “Cek Tagihan Listrik PLN” dan input ID pelanggan kamu pada kotak yang sudah disediakan. Biasanya kamu akan diminta verifikasi dengan mengisi kode captcha. Jika sudah, klik “Cek Tagihan” dan jumlah tagihan listrik kamu kamu ditampilkan lengkap dengan status pembayaran.

    Cek Tagihan PLN Lewat Cekbill

    Cek Tagihan PLN Lewat Cekbill

  • Via ceebydith

    Tak jauh berbeda dengan sebelumnya, cek tagihan listrik online lewat hp dengan cara ini bisa kamu lakukan dengan mengunjungi ceebydith.com. Kemudian pilih menu “Cek Tagihan Listrik PLN”, masukkan nomor pelanggan, isi kode captcha, dan klik icon “Cek”. Layar PC akan menampilkan jumlah tagihan listrik dan status pembayaran kamu.

Cek Tagihan Listrik Online Lewat Pihak Ketiga

Menjadi salah satu kebutuhan primer di era digital seperti sekarang, Perusahaan Listrik Indonesia juga bekerjasama dengan sejumlah e-commerce yang menyediakan layanan pengecekan dan pembayaran tagihan listrik 24/7. Dua di antaranya adalah Tokopedia dan Bukalapak.

Cek Tagihan Listrik Online Lewat Aplikasi Tokopedia

Tokopedia adalah salah satu platform ideal pihak ketiga yang memungkinkan kamu untuk dengan mudah melihat tagihan dan pembayaran listrik online. Selain praktis, Tokopedia juga memiliki penawaran menarik, mulai dari diskon, SuperCash, dan Cashback, jika kamu melakukan pembayaran di sini. Caranya sama mudahnya dengan melakukan pengecekan via aplikasi PLN Mobile, yaitu:

  • Buka aplikasi Tokopedia dari smartphone kamu
  • Tab menu “Top-Up & Tagihan”
  • Tab “Listrik PLN”
  • Kemudian pilih “Tagihan Listrik”
  • kamu akan diminta memasukkan ID pelanggan PLN pada kotak yang sudah disediakan
  • Klik tombol “Bayar”
  • Jumlah tagihan listrik akan ditampilkan di layar smartphone kamu
  • Lakukan pembayaran jika kamu ingin melunasi tagihan, jangan lupa cek kode promo yang ada di bawah
Cek Tagihan PLN Lewat Tokopedia

Cek Tagihan PLN Lewat Tokopedia

Cek Tagihan Listrik Online Lewat Aplikasi Bukalapak

Selain Tokopedia, kamu juga bisa menggunakan Bukalapak sebagai pihak ketiga pengecekan listrik. Bukalapak juga menyediakan fitur pembayaran pascabayar alias pembelian token/pulsa listrik. Jika e-commerce favorit kamu adalah Bukalapak, kamu bisa cek tagihan listrik online lewat hp dengan cara berikut:

  • Pertama, siapkan ID pelanggan kamu
  • Buka aplikasi Bukalapak di smartphone kamu
  • Tap Menu Tagihan

    Cek Tagihan PLN Lewat Bukalapak

    Cek Tagihan PLN Lewat Bukalapak

  • Kemudian pilih menu “Tagihan Listrik”

    Cek Tagihan PLN Lewat Bukalapak

    Cek Tagihan PLN Lewat Bukalapak

  • Input ID pelanggan PLN kamu
  • Dan tagihan listrik kamu akan segera muncul pada layar ponsel

    Cek Tagihan PLN Lewat Bukalapak

    Cek Tagihan PLN Lewat Bukalapak

Cek Tagihan Lewat ATM dan Aplikasi Bank

Tak hanya dengan komputer atau smartphone, cek tagihan listrik PLN juga bisa dilakukan lewat mesin ATM dan aplikasi bank lho. Apakah cara ini sama mudah dan praktisnya? Yuk simak!

Lewat Mesin ATM

Automated Teller Machine, atau biasa disingkat ATM, adalah alat yang memungkinkan nasabah bank pemegang kartu ATM untuk menarik, menyetorkan atau melakukan transaksi lain tanpa harus datang ke bank.

Transaksi lain ini termasuk pembayaran pajak, tagihan listrik, telepon, PDAM, internet, dll. Untuk melakukan pembayaran atau pengecekan tagihan listrik lewat ATM, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Sebelum ke ATM, pastikan kamu sudah menyiapkan nomor IDPEL atau nomor pelanggan PLN
  • Masukkan ATM card kamu seperti biasa
  • Pada tampilan utama, pilih menu “Beli” atau “Bayar”
  • Lalu pilih menu “Listrik”
  • kamu bisa memilih “Listrik Pascabayar” atau “Prabayar”, sesuai dengan listrik yang kamu pakai di rumah
  • Kemudian masukkan nomor IDPEL kamu dengan benar
  • Jika nomor ID yang kamu masukkan sudah benar, layar ATM akan menampilkan informasi jumlah tagihan listrik, nama pelanggan, dan status pembayaran.

Via Aplikasi Mobile Banking

Aplikasi Mobile Banking adalah aplikasi asli dan resmi dari bank yang bersangkutan yang dapat diunduh dan diinstal pada perangkat seluler yang kompatibel, baik Android maupun IOS. Aplikasi Mobile Banking memberi kamu akses aman, karena semua informasi penting dienkripsi dalam setiap transaksi yang dijalankan melalui aplikasi dan tidak ada informasi pribadi yang disimpan di perangkat seluler kamu.

Dengan Aplikasi Mobile Banking, kamu bisa melihat jumlah saldo dan mutasi rekening kamu, untuk setoran otomatis kamu setiap bulan, dan untuk melakukan transaksi pada satu atau lebih rekening lain langsung dari perangkat seluler kamu.

Aplikasi ini juga memungkinkan kamu untuk membayar tagihan bulanan, seperti listrik atau telepon. Bagaimana cara cek tagihan listrik online lewat hp dengan Aplikasi Mobile Banking? Berikut adalah langkah-langkah yang bisa kamu lakukan:

  • Jika kamu sudah mengunduh dan menginstall Aplikasi Mobile Banking di smartphone kamu, silahkan buka aplikasi tersebut dan login seperti biasa (masukkan username dan kata sandi)
  • Pada tampilan menu utama, pilihlah menu “Bayar”
  • Kemudian pilih “Listrik”
  • Selanjutnya masukkan nomor ID Pelanggan kamu dan klik “Lanjut”
  • Layar ponsel akan menampilkan informasi lengkap jumlah tagihan listrik PLN bersama dengan status pembayaran

Via Internet Banking

Internet Banking adalah salah satu cara termudah dan paling cerdas untuk mengelola keuangan kamu secara online di mana saja kamu berada. Internet Banking menawarkan platform yang nyaman untuk transfer uang, memeriksa riwayat rekening kamu, membuka deposit, mengganti PIN kartu ATM, mengajukan pinjaman, dan melakukan segala jenis pembayar lain tanpa repot.

Untuk melakukan cek tagihan listrik online lewat hp dengan internet banking, kamu hanya perlu masuk ke situs web bank kamu. Kamu hanya memerlukan komputer pribadi, laptop, atau bahkan ponsel dan koneksi internet untuk masuk ke akun perbankan online kamu. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Silahkan mengunjungi situs resmi internet banking dari bank kamu
  • Masukkan username dan kode PIN internet banking anda
  • Pilih menu “Bayar” di halaman utama
  • Pilih penyedia layanan PLN
  • Pilih menu “Listrik”
  • Input nomor ID Pelanggan PLN kamu dan klik “Konfirmasi”
  • Tunggakan atau tagihan listrik yang harus kamu bayar akan muncul pada layar ponsel / PC kamu

Listrik telah menjadi salah satu kebutuhan dasar kehidupan saat ini, tidak hanya dalam rumah tangga tapi juga untuk segala keperluan mesin besar di industri. Memiliki kepentingan sedemikian besar dalam kehidupan kita, juga penting untuk membayar tagihan listrik tepat waktu untuk menikmati pasokan listrik yang tidak terputus.

Di jaman serba teknologi seperti sekarang ini, mengecek dan membayar tagihan listrik di PLN bukan lagi satu-satunya pilihan. Membayar atau cek tagihan listrik online lewat hp adalah pilihan yang paling membantu. Dengan koneksi internet dan gadget, kini kamu bisa melakukan segalanya hanya dengan ujung jari kamu.

 

We will be happy to hear your thoughts

Kirim Komentar

HargaHarga.ID
Logo
Compare items
  • Televisi (0)
  • Handphone (0)
Compare
0