Cara Membuat Antena TV Digital Segala Arah

Jika kamu ingin menonton acara favorit kamu di TV, maka kamu memerlukan penguat sinyal yang disebut Antena Omnidirectional. Antena ini memungkinkan kamu untuk menerima siaran tv digital dari segala arah. Kamu tidak perlu lagi membelinya dari toko. Yang kamu perlukan untuk memulai adalah sedikit kesabaran dan beberapa alat sederhana. Kami telah menyusun tutorial rinci tentang cara membuat antena tv digital segala arah / omnidirectional.

Metode 1

Apa yang kamu butuhkan:

  • Gantungan baju
  • Papan kayu
  • Kawat tembaga
  • Tang pemotong kawat
  • Balun

Langkah pertama – Ambil gantungan baju yang terbuat dari besi, sebaiknya dengan kait yang bisa ditekuk. Jika kamu tidak bisa mendapatkan gantungan baju dari besi, maka kamu bisa menggunakan benda logam jenis lain seperti sepotong pipa, besi batangan, dll. Potong pengait dari gantungan baju menggunakan pemotong kawat. Luruskan pengait dengan menggunakan tang. Tempatkan pengait pada papan. Tekuk menjadi bentuk kawat lurus.

Langkah kedua – Potong kawat yang diluruskan memanjang menjadi 8 bagian yang sama. Kamu akan memerlukan setidaknya 14 sampai 15 inci panjang kawat. Jika kamu kehabisan kawat, kamu bisa memotong bagian lain dari gantungan baju kamu dan menutupi kekurangannya. Jepit menggunakan tang di tengah-tengah potongan kawat dan tekuk ke bawah. Bentuklah seperti huruf “V”.

Langkah ketiga – Potong kayu menjadi potongan-potongan sebesar 36 inci. Gergaji adalah alat paling baik digunakan di sini, tetapi jika kamu tidak memilikinya, gunakanlah pisau. Mulailah memotong di sepanjang garis yang ditandai. Pastikan untuk tidak memotong sampai ke bawah, karena kita akan membutuhkan beberapa potongan tambahan di sana. Setelah kamu mencapai ujung garis, berhentilah dan ukur lagi. Jika kamu melakukannya dengan benar, kamu seharusnya memiliki 4 tanda di kedua sisi, dengan jarak 5 inci.

Langkah keempat – Letakkan kabel di sepanjang bentuk karton. Amankan kabel dengan ring, kemudian kencangkan papannya. Kamu tidak perlu mengencangkan baut sepenuhnya, cukup untuk menahan kabel di tempatnya.

Langkah kelima – Bawalah seutas kawat tembaga, dengan kondisi isolatornya dilepas pada salah satu ujungnya. Bungkus ujung yang terbuka di sekitar sekrup yang baru saja kamu pasang di sudut kanan atas. Kemudian lilitkan kawat searah jarum jam di sekitar tiga sekrup di sisi kiri. Bawa kabel ke bawah dan putar sekrup tengah searah jarum jam. Selanjutnya, bawa kembali kawat ke atas dan putar sekrup terakhir searah jarum jam. Ulangi prosedur ini sampai semua sekrup tersambung. Untuk sisi kiri papan, ikuti langkah yang sama, kecuali mulai dengan memutar sekrup kiri atas searah jarum jam, kemudian masukkan sekrup tengah kanan ke dalam tikungan, dan terakhir, sekrup kiri bawah. Sekali lagi, kencangkan pegangan dengan menarik kawatnya. Buang kabel yang berlebih setelah menyelesaikan tugas kamu.

Langkah keenam – Sambungkan balun ke sekrup bawah, kemudian sambungkan kedua ujung kabel koaksial ke balun. Kencangkan sekrup sepenuhnya, pastikan kabel tetap aman. Hubungkan ujung kabel koaksial lainnya dengan TV kamu. Nyalakan TV, dan uji antena dari lokasi dengan penerimaan yang kuat. Jika kamu tidak mendapatkan sinyal, coba pindahkan papan sampai kamu mendapatkan gambar yang jelas.

Metode 2

Kamu juga dapat membuat antena dari penjepit kertas jika kamu hanya memiliki penjepit kertas. Namun demikian, kamu perlu mengingat beberapa hal sebelum melakukannya. Pertama, kamu harus dekat dengan pemancar. Kedua, kamu harus memiliki langit yang cerah. Ketiga, kamu harus memastikan bahwa langit tidak dalam kondisi mendung atau bahkan hujan, hujan es, bahkan turun salju. Keempat, kamu harus mendapatkan sinyal yang cukup kuat. Kelima, kamu harus memastikan bahwa TV kamu terletak di titik tertinggi, karena di situlah antena kamu harus ditempatkan. Terakhir, kamu harus menyambungkan kedua ujung penjepit kertas.

Catatan – Mungkin kelihatannya kamu memerlukan kondisi cuaca yang sempurna untuk mendapatkan penerimaan sinyal yang optimal. Namun, jika kamu cukup beruntung tinggal di dekat area langit yang cerah, kamu akan dapat menerima sinyal dari menara penyiaran. Ada juga antena buatan sendiri yang dijual secara online, meskipun tidak akan memberikan kualitas yang sama seperti yang dibuat secara profesional. Juga, perlu diingat bahwa kamu tidak dapat menjamin keefektifan antena buatan sendiri.

Kesimpulan

Jika kamu pernah bertanya-tanya seperti apa antena tv digital segala arah itu, maka kamu harus melihat panduan kami tentang cara membuatnya sendiri. Banyak orang berpikir bahwa antena ini memerlukan peralatan yang mahal, tetapi ternyata ada banyak cara untuk membuatnya. Jika anda ingin menghemat uang, anda bisa mendapatkannya secara online dengan harga murah, sementara anda juga bisa untuk membeli bahan dan coba merakitnya. Yang kamu butuhkan hanyalah waktu dan alat yang sederhana.

Tinggalkan komentar